Sunday 16 August 2020

Bogor Dan Tempat Wisatanya

√ Kebun Raya Bogor: Sejarah, Tanaman & Tiket Masuk

 Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Tempat Wisata Bogor Yang Menggugah Selera

1. Melihat ribuan jenis buah di Taman Buah Mekarsari

Mengklaim diri sebagai taman buah terbesar di dunia, mekarsari memiliki koleksi tanaman buah yang sangat beragam. Bukan cuma si kecil yang bisa belajar tentang buah-buahan, orang dewasa juga bisa menggali banyak informasi tentang budidaya buah di taman ini. Bisa dikatakan kalau Taman Buah Mekarsari adalah pusatnya ilmu pengetahuan buah di Indonesia.Untuk atraksinya sendiri, Mekarsari menyediakan banyak wahana untuk liburan seru. Ada kebun tanaman buah dari yang langka sampai yang biasa, wisata air, wisata permainan, wisata berkendara, dan paket wisata lainnya yang menarik. Kalau sudah puas bermain dan bereksplorasi di taman ini, kamu juga bisa membeli bibit tanaman yang sudah tersedia.

Lokasi: Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Bogor.

Jam Buka: Senin hingga Sabtu, 9.00 – 16.30; Minggu, 8.00 – 17.00

Harga Tiket: Mulai dari 50,000 IDR.

2. Mengenalkan anak pada alam di Hiking Bocah

Ingin quality time bersama anak? Coba ikut Hiking Bocah. Ini adalah sebuah kids club yang mewadahi kegiatan outdoor bagi anak-anak, mulai usia tiga tahun sampai 15 tahun. Selama anak sudah bisa berjalan kaki, maka sudah bisa mengikuti kegiatan di sini. Semua kegiatannya bersifat mendekatkan anak kepada alam, baik lewat hiking maupun Kids Rafting.Setiap anak wajib didampingi oleh orang tua atau orang dewasa lainnya. Jadi seumpama si kecil minta digendong, maka pendampingnya yang bertanggung jawab. Rute perjalanannya adalah di perbukitan dengan pemandangan indah di kawasan Katulampa, Bogor. Jarak yang bisa dipilih beragam, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Untuk rafting-nya, semua peserta bakal mendapatkan peralatan keselamatan. Hiking Bocah juga siap menjadi tuan rumah kegiatan yang lebih eksklusif seperti acara sekolah atau komunitas.

Lokasi: Katulampa RT 03 / RW 09 Bogor Timur, Bogor.

Jam Buka: Setiap hari, 8.00 – 14.00

Harga Tiket: Hiking 35,000 IDR, Rafting 20,000 IDR.

3. Sensasi bertemu hewan di alam liar ala Taman Safari Indonesia

Seperti namanya, taman ini menawarkan sensasi bersafari layaknya di alam bebas. Kamu bakal berkendara melewati berbagai zona di mana hewan-hewan bisa bebas berkeliaran. Selain itu, Taman Safari Bogor juga punya banyak penawaran dan aktivitas seru lainnya yang akan bikin liburan kamu berkesan banget.Kamu bisa memilih paket safari siang atau malam. Kamu bahkan bisa memilih paket safari trekking dan outbound untuk aktivitas seru. Kalau mau yang imut dan menggemaskan, datang saja ke Istana Panda. Koleksi hewan di sini juga relatif lengkap, mulai dari burung hingga reptil dan primata. Ada pula Amusement Area, di mana kamu bisa menikmati banyak pertunjukan. Kamu juga bisa menemukan restoran dan penginapan di sini. Lengkap banget, kan?

Lokasi: Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Kecamatan. Cisarua, Bogor.

Jam Buka: Senin hingga Kamis, 8.30 – 16.30; Sabtu dan Minggu, 8.00 – 17.00

Harga Tiket: Mulai dari 160,000 IDR.

4. Kidzoona, dunia milik si kecil

Ini adalah dunia milik anak. Kidzoona memberikan kebebasan bagi si kecil untuk bermain di berbagai wahana seru hingga belajar tentang pekerjaan orang dewasa. Sementara itu, orang tua tak bisa berbuat banyak di sini selain mengawasi anak-anaknya sibuk dengan dunianya masing-masing.Kidzoona menyediakan kostum dan tempat untuk buah hati menjalankan rutinitas sebagai chef, petugas pos, dokter, polisi, perawat, dan lain-lain. Kalau sudah puas role-play, anak-anak bisa menghabiskan energi mereka menuruni arena seluncur, menjelajah lewat trek udara, mandi bola, hingga bola putar. Keseruan di sini seperti tidak ada habisnya!

Lokasi: Lippo Plaza Bogor Jl. Siliwangi No.123, RT.01/RW.01, Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor.

Jam Buka: Setiap hari, 10.00 – 21.00

Harga Tiket: 50,000 IDR.

5. Bermain di taman bunga instagenic Melrimba Garden

Taman ini menempati area yang cukup luas, sekitar lima hektar. Mengusung konsep family park, Melrimba berusaha mewadahi sekaligus memberikan rasa aman kepada keluarga untuk berekreasi di sini. Daya tarik utamanya sudah pasti taman bunga warna-warni yang super instagenik. Selain itu, pemandangan di sekitarnya juga sangat cantik.Ada beberapa area yang bisa kamu kunjungi di taman ini; mulai taman dan kebun bunga, Sentra Anggrek Bulan, serta Kampoeng Melrimba. Soal spot foto instagenik, sudah tak perlu ditanyakan lagi. Ada banyak sekali tempat yang bisa menghasilkan foto keran untuk mengisi Instagram kamu. Kampoeng Melrimba on the Weekend juga sangat populer karena menjadi pusat berkumpulnya para pedagang makanan tradisional.

Lokasi: Jalan Raya Puncak KM 87, Tugu Utara, Cisarua, Bogor.

Jam Buka: Hari biasa, 9.00 – 21.00; akhir pekan 8.00 – 23.00

Harga Tiket: 15,000 IDR.

6. JungleFest, wisata seru murah meriah

Salah satu theme park paling populer yang ada di Bogor adalah JungleFest. Popularitas JungleFest tidak bisa dilepaskan dari harga tiketnya yang relatif murah. Di sini, kamu bisa menikmati banyak atraksi wahana permainan, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.Salah satu wahana yang bisa kamu naiki adalah Spectrum Wheel, wahana kincir untuk dewasa dengan tinggi sekitar 12 meter. Sementara Twilight Wheel merupakan versi anak-anaknya. Ada juga Taman Lalu Lintas, tempat di mana anak-anak bisa bermain sembari belajar tentang pentingnya tertib berlalu lintas. Masih ada Lumino Swing, Flash Tower, Happy Shine, Sparkle Bumper, Canoe Rainbow, & Bright Train yang juga menarik untuk dicoba.

Lokasi: Bogor Nirwana Residence, Jl. Dreded, Bogor.

Jam Buka: Sabtu dan Minggu, 13.00-21.00

Harga Tiket: 15,000 – 25,000 IDR & 60,000 – 75,000 untuk tiket terusan ke semua wahana.

7. Seru-seruan bermain air di Marcopolo Water Adventure

Lagi ingin bermain air, Bogor punya banyak waterpark Salah satu yang paling terkenal adalah Marcopolo Water Adventure. Tempat yang sudah dibuka sejak tahun 1998 ini menawarkan kesegaran banyak kolam renang dan permainan air lainnya. Anak-anak akan sangat suka di sini karena banyak seluncuran untuk bermain air.Marcopolo bahkan memiliki kolam renang untuk anak balita dan bayi. Kamu juga bisa menemukan berbagai waterboom, whirlpool, kolam arus, kolam gurita, hingga kolam air panas. Untuk bikin si kecil makin betah, tempat ini juga punya gua tujuh kurcaci dan gua bajak laut. Air terjun dan ember raksasa siap menyiramkan kesegaran bagi mereka yang berada di bawahnya.

Lokasi: Bukit Cimanggu City, Jl. Sholeh Iskandar No.1, RT.01/RW.11, Cibadak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor.

Jam Buka: Setiap hari, 07.00 – 21.00

Harga Tiket: 40,000 IDR untuk hari biasa dan 55,000 untuk akhir pekan.

8. Makan dan jalan di Cimory Riverside

Tempat ini merupakan gabungan unik dari restoran dengan pemandangan, serta beberapa wahana wisata buatan. Cimory juga terkenal sebagai merek yang menjual produk olahan susu sapi.Selain memanjakan perut, Cimory Riverside juga adalah destinasi yang ramah buat anak. Ada museum 3D Lulu yang diklaim terbesar di Puncak, Monster Aquarium menyimpan koleksi ikan milik Cimory, juga Cimory Forest Walk, Chocomory, dan toko produk olahan susu. Jadi kalau lapar sekaligus ingin berwisata, Cimory Riverside adalah pilihan yang bagus.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat

Jam Buka: Hari biasa 8.00 – 22.00; Akhir pekan 7.00 – 22.00.

Harga Tiket: Gratis, tapi setiap wahana memiliki tiket masuk masing-masing.

9. Bercengkerama dengan rusa di Penangkaran Rusa Giri Jaya

Kalau kamu ingin lebih dekat dengan hewan liar yang sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia, datang saja ke penangkaran Rusa Giri Jaya. Sesuai namanya, tempat ini adalah lokasi pembiakan rusa yang kemudian dibuka sebagai obyek wisata. Daya tariknya tentu adalah bertemu langsung dengan rusa-rusa yang sudah ramah itu di sebuah lapangan luas.Kamu bisa memberi makan rusa-rusa ini. Pihak pengelola juga menjual sayuran untuk kamu berikan kepada rusa-rusa itu nantinya. Karena sudah terbiasa bertemu manusia, rusa-rusa itu tidak akan terlalu malu saat diberi makan atau bahkan dielus-elus kepalanya.

Lokasi: Buanajaya, Tanjungsari, Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Bogor.

Jam Buka: Senin hingga Sabtu 7.00 – 15.00; Minggu 7.00 – 16.00

Harga Tiket: 10,000 IDR

10. Wisata edukasi di Kampoeng Wisata Cinangneng

Jika kamu ingin merasakan sensasi tinggal di desa tradisional Sunda, Kampoeng Cinangneng ini adalah solusinya. Sebagai desa wisata, Cinangneng menawarkan pengalaman yang relatif lengkap. Kamu bisa bersentuhan dengan budaya, alam, hingga tradisi pertanian yang ada di sini. Karena banyaknya opsi aktivitas yang bisa dilakukan, kampung ini sangat pas untuk wisata edukasi kelompok seperti field trip sekolah.Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini antara lain adalah belajar memainkan alat musik tradisional, belajar menari tradisional, menggambar dengan media caping, memandikan kerbau, menanam padi, serta membuat kue dan jamu tradisional. Seumpama kamu ingin tinggal lebih lama di sini juga bisa karena di Cinangneng sudah ada fasilitas penginapannya.

Lokasi: Jl. Babakan Kemang RT. 01/ 02, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor.

Jam Buka: Setiap hari, 8.00 – 17.00

Harga Tiket: Bervariasi, tergantung paket yang dipilih.

11. Petualangan menantang di Cibalung Happy Land

Cibalung Happy Land adalah tempat yang unik. Destinasi ini menawarkan banyak wahana modern di tengah suasana alami yang menyejukkan. Kamu juga bisa menikmati aktivitas seru penuh tantangan di sini. Seluruh anggota keluarga akan bisa bersenang-senang sepuasnya. Bagi adrenalin junkie, tempat ini juga cukup memadai untuk mendapatkan pengalaman seru.Pengunjung keluarga akan lebih memilih wisata santai seperti di Cibalung Waterpark yang memiliki berbagai kolam untuk anak, seluncuran, dan kolam arus. Tempat ini pas banget buat basah-basahan segar bersama seluruh anggota keluarga. Lalu ada area outbound yang pas buat rombongan perusahaan. Rafting menantang di sungai Cisadane juga ditawarkan. Ada pula villa dan camping ground bagi yang ingin bermalam di lokasi sejuk ini.

Lokasi: Jl. Cihideung, Cijeruk,Cibalung,Bogor

Jam Buka: Setiap hari, 8.00 – 17.00

Harga Tiket: 20,000 IDR hari biasa, 25,000 IDR akhir pekan. Setiap wahana ada tiketnya sendiri.

12. Theme park super lengkap di JungleLand

Taman bertema selanjutnya yang ada di Bogor adalah JungleLand. Ada banyak wahana hiburan modern yang bisa kamu nikmati di tengah dinginnya udara Bogor. Taman ini juga tempat yang pas untuk wisata edukasi anak dan sangat menghibur bagi pengunjung dewasa. Kombinasi yang mantap, kan? Ada beberapa zona di taman ini; Zona Carnivalia, Zona Mysteria, Zona Explora, dan Zona Tropicalia. Setiap zona punya banyak wahana dan semuanya memiliki karakteristik yang unik. Kamu bisa naik ke wahana seru mendebarkan, menikmati pertunjukan menarik dan menakutkan, serta zona permainan yang asyik. Pengunjung yang datang ke sini dijamin tidak akan bosan.

Lokasi: Kawasan Sentul Nirwana, Jalan Jungleland Boulevard No. 1, Karang Tengah,Babakan Madang,Bogor.

Jam Buka: Senin hingga Kamis, 10.00 – 17.00; Jumat hingga Minggu 8.00 – 17.00.

Harga Tiket: Hari biasa – 165,000 IDR, akhir pekan dan hari libur – 220,000 IDR.

13. SKI, wisata belanja tapi seru buat anak

SKI adalah singkatan dari Sumber Karya Indah, sebuah sentra industri tas di Bogor. Tempat ini merupakan one stop shop yang besar, di mana kamu bisa berbelanja item-item fashion berkualita, layaknya belanja di supermarket. Karena popularitasnya yang terus menanjak, dibangun pula wahana wisata untuk membuat wisatawan lebih betah berada di sini.Wahana bermain yang ada di SKI antara lain waterpark, wahana permainan indoor, mini outbound, mini zoo, pusat kuliner, dan danau buatan. Dijamin seru!.

Lokasi: Jalan Pengairan Katulampa No.6, Bogor.

Jam Buka: Setiap hari, 8.00 – 17.00

Harga Tiket: Hari biasa 15,000 IDR; akhir pekan 20,000 IDR.

14. Kebun Raya Bogor, halaman belakang istana Presiden

Tempat ini sudah sangat populer, terutama karena letaknya berada di belakang Istana Negara Bogor. Meski berdekatan dengan kediaman orang nomor satu di Indonesia, Kebun Raya Bogor masih bisa diakses dengan bebas oleh publik.Jejak sejarah kebun ini sudah bisa dilacak sejak zaman Kerajaan Sunda. Kebun ini memiliki koleksi banyak tanaman langka dari seluruh Indonesia. Yang paling terkenal mungkin adalah bunga bangkai yang ditanam pada 2002. Selain itu, ada pula pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang masih berdiri tegak sampai saat ini. Secara keseluruhan, kebun luas ini cocok untuk piknik bersama keluarga maupun untuk olahraga ringan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor

Jam Buka: Setiap hari, 8.00 – 17.00

Harga Tiket: 15,000 IDR

15. Bermain air di Water Kingdom Mekarsari

Ini adalah wisata air paling komprehensif yang bisa kamu temukan di Bogor. Bahkan, Kerajaan Air Mekarsari ini konon disebut merupakan waterpark paling besar di Asia Tenggara. Fasilitas dan wahananya banyak sekali. Kamu bisa main air sepuasnya di berbagai seluncuran ekstrim, kolam berombak, splash pool, whirlpool, lazy river, dan masih banyak lainnya.

Semua keseruan yang kamu bayangkan akan bisa diwujudkan di sini. Banyak spot pula yang sangat pas untuk digunakan sebagai spot berfoto, baik selfie maupun wefie. Selain itu, taman ini juga rutin menggelar acara, termasuk konser musik.


Lokasi: Jl. Raya Jonggol – Cileungsi No.KM. 3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Bogor.

Jam Buka: Hari biasa, 9.00 – 17.00; akhir pekan, 8.00 – 17.00

Harga Tiket: Mulai dari 85,000 IDR