Sunday 16 August 2020

Cinta Bengkulu Dan Makin Cinta

Melihat Batu Raksasa di Bukit Kandis

 Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki julukan Bumi Rafflesia karena disinilah asal habitat bunga bangkai alias Rafflesia Arnoldi yang juga merupakan spesies bunga terbesar di dunia.


Meski namanya masih belum seterkenal Lampung, namun Bengkulu memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik dan masih belum banyak dikunjungi khalayak umum. Berikut ini daftar 22 destinasi wisata di Bengkulu yang wajib kamu sambangi. Salah satunya merupakan Warisan Dunia UNESCO lho!


1. Menikmati Pesona Kawah Mati Dari Puncak Ketinggian Bukit Kaba

Untuk kamu para pendaki wajib hukumnya main ke Bukit Kaba. Bukit Kaba ini sebenarnya merupakan gunung berapi yang masih aktif dan masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam tempat konservasi bunga raksasa Rafflesia Arnoldi. Dengan ketinggian 1,937 mdpl, para pendaki pemula bisa dengan mudah mencapai puncak bukit tanpa kendala yang berarti.


Di puncak terdapat area perkemahan yang selalu penuh saat libur tiba. Pesona Bukit Kaba terletak pada area kawah hidup dan kawah mati serta panorama alam hutan Bengkulu dari ketinggian yang spektakuler.


2. Menuju Puncak Bukit Batu Kandis Yang Eksotis

Jika mendaki Bukit Kaba belum memacu adrenalin, maka kamu harus coba menduduki puncak Bukit Batu Kandis di Bengkulu Tengah. Untuk mencapai puncaknya kamu harus melakukan panjat tebing setinggi 125 meter.


Bukit Batu yang satu ini memang sangat unik karena di puncaknya terdapat sebuah kolam berair jernih yang tidak pernah kering. Selain panjat tebing, kamu juga bisa melakukan aktivitas outdoor sport seperti motor cross dan off-road di area sekitar bukit.


3. Relaksasi Badan Di Suban Sumber Air Panas Curup

Sumber air panas ini telah lama dikenal warga masyarakat sekitar memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Air panasnya yang jernih dan tidak berbau belerang menjadi kelebihan utama sumber air panas ini. Tidak heran bila kawasan ini cukup ramai dikunjungi warga lokal yang ingin berendam.


Uniknya, tidak jauh dari sumber air panas ini terdapat sebuah air terjun berair dingin dengan ketinggian kurang lebih 90 meter. Kapan lagi bisa berendam sambil menikmati pemandangan air terjun?


4. Berfoto Di Aneka Spot Instagramworthy Kekinian, Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun sebenarnya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan danau lain di Bengkulu. Namun danau ini terbilang unik karena ada pulau kecil berbentuk huruf C di bagian tengahnya.


Suasana perbukitan yang asri juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Kini, kawasan wisata Danau Mas Harun telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, kafe, villa, sampai perahu untuk berkeliling, pondok warna warni, sangkar burung di atas ketinggian, dan bahkan air mancur yang menari pada malam hari.


5. Mencari Ketenangan Di Danau Dendam Tak Sudah

Tidak hanya memiliki nama yang unik, danau ini juga memiliki pemandangan indah yang memukau. Di area sekitar danau, kamu akan banyak menemui tanaman langka seperti anggrek matahari dan juga primata khas Sumatera, siamang.


Danau ini menyimpan berbagai mitos dan cerita unik tentang asal usul namanya. Selain menikmati panorama alam, di sini kamu juga bisa menikmati wisata kuliner khas Bengkulu di antaranya perut punai, lempuk dan kue tat.


6. Air Curug Sembilan Tingkat Yang Mengagumkan

Kalau biasanya kamu hanya menjumpai air terjun dengan satu pancaran air dan kolam di bawahnya, maka di sini kamu bisa melihat sembilan pancaran air terjun yang bertingkat sekaligus sembilan kolamnya.


Rute menuju air terjun ini merupakan salah satu hutan lindung yang dipenuhi kekayaan alam flora dan fauna. Saat perjalanan, coba perhatikan kanan kirimu, siapa tau bisa bertemu dengan si bunga raksasa, Rafflesia Arnoldi.


7. Eksotisme Tebing Batu Dan Segarnya Air Terjun Kepala Curup

Pancaran air terjun yang satu ini sangat deras. Dulunya, tenaga dari air terjun ini digunakan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air. Dengan ketinggian kurang lebih 100 meter, air terjun ini terlihat sangat megah dan anggun berdiri di antara tebing batu dan hijaunya hutan belantara. Di bagian tebing batunya bahkan terdapat sebuah goa kelelawar. Jangan lupa membawa bekal makanan ya, karena di sini belum tersedia warung makan.


8. Bersantai di Curug Tersembunyi, Curug Mingga

Curug atau air terjun ini masih terbilang baru dan belum banyak dipublikasikan. Airnya sangat jernih karena bersumber langsung dari pegunungan, bebatuan hitam yang mengelilingi aliran air terjun juga turut memberikan kesan eksotis sekaligus menantang.


Jika takut ketinggian kamu bisa sekedar bermain air di sekitar air terjun dan berfoto di antara bebatuan hitam yang keren. Untuk menuju ke sini kamu perlu menempuh perjalanan cukup jauh yaitu sekitar tiga jam dari pusat Kota Bengkulu. Karena rutenya yang masih belum banyak diketahui, ada baiknya untuk menyewa pemandu wisata dari pemuda setempat.


9. Kemegahan PLTA Musi Ujan Mas Yang Asyik Buat Berfoto Ria

Sungai Musi merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia dan lebih banyak dikenal berada di Palembang. Namun, tahukah kamu jika hulu Sungai Musi berada di Bengkulu? Hulu Sungai musi terletak di Ujan Mas, Kepahiang, Bengkulu.


Di area inilah terdapat sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Musi Ujan Mas yang memberikan panorama indah serta pemandangan bangunan PLTA megah yang mengagumkan.


9. Pantai Dengan Pulau Berbatu Yang Unik, Sungai Suci

Jangan terkecoh dengan namanya ya. Meski bernama sungai, tapi sebenarnya tempat wisata ini adalah pantai. Konon, pantai ini sering dikunjungi oleh Bung Karno selama pengasingan di Bengkulu. Keunikan Sungai Suci terlihat dari keberadaan pulau batu karang kecil yang menjorok ke laut seperti di Tanah Lot Bali.


Kamu juga bisa memacu adrenalin dengan melewati jembatan gantung kembar dan merasakan sensasi jembatan bergoyang diterpa angin pantai. Tunggulah hingga malam menjelang dan nikmatilah pemandangan sunset terbaik di Bengkulu.


10. Panorama Senja Yang Syahdu Di Pantai Panjang

Pantai Panjang memang memiliki garis pantai yang panjang yaitu sekitar 7 kilometer. Pantai ini merupakan ikon tempat wisata di Bengkulu. Pasir pantainya yang putih dan deretan pohon cemara di area bibir pantai menjadi keunggulan tersendiri. Fasilitas bagi para wisatawan juga sudah sangat lengkap. Pantai ini bisa ditempuh dalam waktu 9 menit dari pusat Kota Bengkulu.


11. Pantai Dengan Tebing Putih Nan Megah, Pantai Manula

Pantai Manula terletak di perbatasan Lampung dan Bengkulu. Meski lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Bengkulu, pemandangan di pantai ini tidak ada duanya. Tebing-tebing tinggi dan deburan ombak pantainya memberikan pengalaman liburan yang mengesankan.


Satu hal yang perlu kamu catat: kamu harus datang saat pantai surut untuk bisa menikmati pemandangan ya, karena jika sedang pasang, kamu tidak bisa bermain-main di area tebing pantainya.


12. Berkunjung Ke Pantai Sekaligus Danau, Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah memang tidak memiliki pasir yang putih namun daya tariknya tidak kalah dengan pantai lain yang ada di Bengkulu. Pantai ini memiliki keunikan yaitu tebing merah yang membatasi kawasan perairan dan daratan.


Selain itu, kamu juga bisa melihat danau alami yang berada beberapa ratus meter dari bibir pantai. Unik sekali kan? Pantai dan juga danau yang berada dalam satu lokasi.


13. Wisata Pantai Dan Hutan Mangrove Pulau Baai

Provinsi Bengkulu yang lokasinya memanjang di barat Pulau Sumatera menjadikannya banyak memiliki area hutan mangrove, salah satunya adalah di Pulau Baai. Di sini kamu bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk menjelajahi hutan mangrove yang hijau membentang.


Di area pantai pulau Baai, kamu juga bisa bermain-main dengan pasir putih yang cantik atau berfoto dengan sebuah mercusuar bernama lentera merah yang ada di pelabuhan Pulau Baai.


14. Menelisik Ke Pantai Yang Tenang Di Bengkulu, Pantai Linau

Untuk kamu yang suka menjelajahi alam bawah laut Indonesia wajib menyambangi Pantai Linau. Gugusan karang bawah lautnya masih alami dan asri; pesona pantainya pun tidak kalah cantik. Pasir putih dan air pantai biru jernih jadi pemandangan utama yang bisa kamu temui di sini. Tidak hanya berwisata alam, kamu juga bisa menikmati santapan gurita segar dari para nelayan tradisional yang yummy.


15. Napak Tilas Sejarah Pendudukan Inggris Raya Di Bengkulu, Fort Marlborough

Benteng Marlborough merupakan salah satu peninggalan para penjajah Inggris yang sempat mendiami wilayah Bengkulu. Benteng ini dulunya merupakan benteng kedua terkuat di wilayah timur Asia Tenggara.


Meski sempat dibakar dan dirusak oleh masyarakat setempat pada masa penjajahan, benteng ini masih kokoh berdiri. Benteng ini jadi spot favorit foto anak muda Bengkulu karena kesannya yang vintage dan instagramworthy sekali.


16. Hamparan Permadani Hijau Yang Menyejukkan Mata, Kebun Teh Kabawetan

Siapa yang tidak suka dengan pemandangan hijau? Di Bengkulu tepatnya di Kepahiang kamu bisa menikmati hamparan hijau kebun teh yang asri. Pohon-pohon sengon berbaris rapi di pinggiran kebun teh seolah memberikan batas alam dengan jalan raya.


Dari kejauhan tampak Bukit Kaba tinggi menjulang yang menjadi latar belakang yang tidak kalah indahnya. Di sini kamu bisa berburu aneka oleh-oleh khas Bengkulu yang dijual oleh deretan kios di pintu masuk area kebun teh.


17. Berkawan Dengan Gajah Yang Ramah, Pusat Pelatihan Gajah Seblat (Taman Nasional Kerinci Seblat)

Ternyata Bengkulu juga punya balai konservasi gajah seperti di Way Kambas, Lampung. Namanya Pusat Pelatihan Gajah (PPG) Seblat. PPG Seblat masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang sudah dinobatkan jadi warisan dunia UNESCO lho.


Sesuai dengan namanya, gajah-gajah di sini dilatih untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat. Kamu bisa melihat beragam atraksi menarik yang ditampilkan para gajah terlatih dan bercengkrama langsung dengan mereka di alam bebas.


18. Saksi Bisu Kejayaan Emas Bengkulu, Goa Kacamata

Goa unik yang menyerupai kacamata ini terletak di tebing berbatu bekas tambang emas Belanda. Ketika simpanan emas telah habis, bukit ini meninggalkan dua lubang di atas tebing dan akhirnya menjadi destinasi wisata yang unik.


Waktu terbaik berkunjung ke tempat ini adalah pagi hari menjelang siang sekitar pukul 09.00 WIB karena cahaya matahari bisa masuk ke dalam lubang sehingga ruang di dalamnya menjadi terang dan cantik.


19. Memacu Adrenalin Dengan Arung Jeram Arus Ketahun

Objek wisata arung jeram Arus Ketahun ini baru dibuka pada 2017 lalu. Arus Ketahun diambil dari nama sungai yang menjadi rute utama perjalanan arung jeram. Bukan sekedar arung jeram di sungai biasa, kamu juga akan disuguhi pemandangan kelok tebing sepanjang Sungai Arus Ketahun bak Green Canyon yang mengagumkan. Tebing yang berjajar di sepanjang sungai mirip seperti The Argonath dalam film Lord of the Rings lho!


20. Jump Cliff Yang Menyegarkan Di Lubuk Sepit Kancing

Lubuk Sepit Kancing ini sebenarnya merupakan aliran sungai yang terjebak di antara tebing berbatu. Aliran sungainya sangat jernih, sehingga saat sinar matahari mengenai airnya, kamu bisa melihat warna air tosca kehijauan yang cantik.


Objek wisata ini juga masih sangat alami dan masih jarang dikunjungi. Untuk yang suka tantangan, kamu bisa mencoba jump cliff dari atas bebatuan sungai. Untuk menuju ke sini kamu perlu mempersiapkan fisik yang prima karena harus trekking selama 1,5 jam dari lokasi tempat parkir kendaraan. Jika tidak ingin bersusah payah trekking, kamu bisa menyewa ojek motor trail seharga 100,000 IDR.


21. Island Hopping Ke Pulau Terluar Indonesia, Pulau Enggano

Bengkulu memiliki beberapa pulau kecil yang masuk dalam wilayah administratifnya, salah satu di antaranya adalah Pulau Enggano. Pulau Enggano termasuk salah satu pulau terluar Indonesia namun merupakan satu-satunya pulau yang berpenghuni di provinsi Bengkulu.


Pulau Enggano memiliki keindahan yang paling memukau jika dibandingkan dengan pulau lain di Bengkulu. Di sini kamu bisa melihat aneka ragam panorama alam mulai dari pantai pasir putih yang masih alami, taman burung, danau air tawar yang manis hingga snorkeling dan surfing. Untuk menuju ke sini kamu bisa berlayar dengan kapal ferry selama 12 jam atau naik pesawat perintis jika ingin lebih praktis dan cepat.


22. Surga Indah Di Pulau Kecil, Pulau Tikus

Jika tidak ingin terlalu jauh untuk island hopping, kamu bisa coba menjelajahi Pulau Tikus. Pulau seluas 1,5 hektar dan tak berpenghuni ini bisa kamu tempuh hanya dalam waktu kurang lebih 40 menit dari Pelabuhan Pulau Baai.Pulau Tikus dikelilingi oleh terumbu karang yang luas. Pulau ini juga jadi tempat favorit untuk snorkeling karena airnya yang jernih dan keindahan alam bawah lautnya yang mempesona. Kamu bahkan bisa naik ke atas menara mercusuar dengan izin petugas setempat lho!